Semarak HUT RI Ke 78: KKN UINAM Posko 3 Ujung Loe Gelar Dialog Kebangsaan

MAHASISWA, SABDATA.ID – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) UIN Alauddin Makassar Angkatan 72 yang berlokasi di posko 3 Desa Balong, Kec. Ujung Loe, Kab. Bulukumba mengadakan Dialog Kebangsaan dengan tema *"Peran Pemuda Dalam Pusaran Politik Era 5.0*" di Lapangan Desa Balong, Sabtu (19/08/2023).

Kegiatan tersebut dimulai pukul 20.40 WITA yang dihadiri oleh para pemuda dari desa Balong, Mahasiswa KKN dari beberapa posko yang ada di Kecamatan Ujungloe serta beberapa tokoh masyarakat Desa Balong, yang dibuka langsung oleh Irsan Arif Samra, A.Ma selau Kepala Desa Balong.

Adapun Narasumber, yakni Supriadi, SE (KNPI Kec. Ujungloe Kab. Bulukumba, Ulan Firnama (Ketua 1 PK PMII STAI AL-Ghazali Bulukumba) dan Baso Riswandi (Ketua Umum HMI Cab. Bulukumba).

Dalam sambutannya, Irsan Arif Samra, A. Ma menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bahan refleksi dari para pemuda,

"Dalam dialog kebangsaan ini, sudah semestinya dijadikan bahan refleksi sebagai bentuk penghargaan kita dalam menyambut semarak HUT RI Ke-78," ungkapnya.

Baca juga: Raynor: Angkatan ke-4 KPPM Gelar Baksos di Desa Tibona

Narasumber pertama, Supriadi SE, mengatakan bahwa pemuda adalah pelopor dalam politik,

"Pemuda sebagai agent of change, sudah seharusnya menjadi garda terdepan dalam menyambut pesta demokrasi 2024 nantinya," ujarnya.

Ulan Firnama, selaku narasumber kedua, menyampaikan bahwasanya era 5.0 menjadi tantangan bagi pemuda itu sendiri, dan dipaksakan untuk mengikuti arus tersebut, terlebih dalam penggunaan media sosial ke arah lebih produktif, yakni memajukan pengetahuan politik melalui media sosial," ucapnya.

Narasumber terakhir, Baso Riswandi mengatakan bahwa sudah seharusnya bisa menjadi sejarah dari perjuangan pemuda di masa lalu, mulai dari 1908 Budi Utomo, 1928 Sumpah Pemuda dan 1998 Sebagai momentum dari Reformasi," Ungkapnya.



Citizen: Yuliana

Posting Komentar

0 Komentar