Tingkatkan Kualitas Hidup Masyarakat Pedalaman, HMJ-SI UIN Alauddin Jalankan Program Jejak Desa

MAHASISWA, SABDATA.ID – Himpunan Mahasiswa Jurusan Sistem Informasi (HMJ- SI) Sukses menjalankan salah satu program kerjanya yaitu Jejak Desa, Lembang Bata, Kab. Gowa, Minggu (26/5/2024).

Jejak Desa merupakan bentuk inisiatif yang memberikan peluang bagi mahasiswa untuk berperan aktif dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat desa melalui berbagai kegiatan sosial yang dilakukan seperti pendidikan dan pelatihan, pemberdayaan ekonomi lokal dan mengembangkan solusi teknologi.

Program ini tidak hanya memberikan langsung kepada masyarakat desa, tetapi juga membentuk karakter dan komitmen sosial pada mahasiswa/i, menjadikan mereka agen perubahan yang kuat untuk masa depan yang lebih baik.

Sesuai demgan tema yang diusung pada kegiatan ini yaitu "Peran mahasiswa dalam meningkatkan pengajaran teknologi informasi yang berdampak sosial" Sehingga kegiatan ini beorientasi bagaimana peran mahasiswa dalam meningkatkan pengetahuan teknologi yang dapat memberikan dampat sosial bagi masyarakat desa.

MHJ-SI mengadakan Kegiatan Jejak Desa  di Lingkungan Lembang Bata, Kelurahan Gantarang, Kecamatan Tinggimoncong, Kabupaten Gowa.

Untuk memberikan pengalaman yang menyenangkan terhadap masyarakat dan anak-anak desa yang diselenggarakan  selama 4 hari pada tanggal 23-26 Mei 2024.

Dalam pembukaan Kegiatan Jejak Desa ini, Ketua Umum HMJ-Sistem Informasi dalam hal ini Ilham Ramadhan menyampaikan " Semoga Kegiatan kita dapat memberikan pengaruh positif bagi masyarakat dan tetap menjaga nama baik lembaga dan almamater yang dibawa.

Ketua Panitia dalam Hal ini Nurul hikma juga menyampaikan laporan kegiatan serta Kepala lurah atau diwakili oleh Sekretaris lurah dalam hal ini Abdulrahman daeng Sijaya memberikan sambutan-sambutan sekaligus membuka kegiatan jejak desa ini.

Baca juga: Gelar Neforia 2024, Himajie FEB Unhas Galang berbagai Lomba Debat dan Olimpiade Tingkat se-Sulselbar

Sekretaris lurah juga menyampaikan bahwa Pemerintah dan Tokoh masyarakat serta warga sekitar sangat berharap semoga kegiatan Jejak desa yang dilakukan dapat memberikan dampak positif kepada masyarakat Kelurahan gantaran dan juga kepada Mahasiswa HMJ-Sistem Informasi.

Selain itu, agenda selanjutnya adalah Sosialisasi mengenai bagaimana pengaruh perkembangan teknologi sekarang terhadap pemuda/i serta masyarakat Lingkungan lembang bata.

Pada hari ketiga terdapat beberapa agenda yaitu  mengajar dan bermain di SDI Gantarang bersama anak-anak dimana kita dibagi menjadi 3 kelas yaitu kls pertama terdiri dari kls 1,2 dan 3, kemudian kelas kedua terdiri dari kls 4 dan 5 kemudian kelas terakhir yaitu kls 6.

Disini kita seru seruan bareng dimana kita bermain sambil berhitung dan ada beberapa hadiah untuk anak" yang aktif menjawab dan berhasil menjawab pertanyaan dan HMJ-SI juga mengadakan lomba menempeli gambat dengan objek yang ada disekitar sekolah serta HMJ-SI juga membagikan merchandise kepada Seluruh siswa di SDI Gantarang yaitu sebanyak 59 Orang.

Kepala Sekolah SDI Gantarang dalam hal ini ibu Rosmiati, S.Pd mengatakan " sangat berterima kasih  atas kedatangan kami dalam membawa dampak positif untuk siswa/i dan memberikan pengalaman terbaik untuk mereka" dan juga disini kita melakukan pemberian plakat terhadap kepada sekolah sdi gantarang dan kepada kepala lurah gantarang.

Dan agenda pada sore hari yaitu Menanam bibit pohon sebanyak 50 bibit dan tersebar di beberapa tempat diantaranya di samping posyandu dan salah satu kebun di Lingkungan lembang bata.

Kemudian pada hari keempat sebelum pulang Kita melakukan agenda bakti sosial di sekitar posko, masjid dan lingkungan sekitar.





Citizen: Wulandari

Posting Komentar

1 Komentar

Beri komentar masukan/saran yang bersifat membangun