40 Mahasiswa Institut Parahikma Indonesia Gowa Laksanakan KKN Tematik

GOWA, SABDATA.ID – Institut Parahikma Indonesia (IPI) Gowa yang kini sudah menjadi milik Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah Sulawesi Selatan memberikan pembekalan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Angkatan V kepada mahasiswa di Gedung B Aula IPI (30/12).

Sebanyak 40 mahasiswa yang terdiri dari 30 mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan dan 10 mahasiswa Fakultas Ekonomi Syariah mengikuti pembekalan yang mengusing KKN Tematik bertemakan “Pemberdayaan Masyarakat Kecamatan Bontolempangan Kabupaten Gowa Melalui Program Sinergitas Pendidikan dan Keagamaan Berbasis Moral dan Intelektual”.

Sesuai dengan tema tematik, mahasiswa IPI akan berfokus melaksanakan KKN di Kecamatan Bontonompo dengan memaksimalkan program pada pendidikan seperti pengajaran dan keagamaan seperti ceramah dan pemberdayaan masyarakat melalui ekonomi.

Hal ini sesuai dengan keterampilan mahasiswa yang tampak pada pemetaan kemampuan peserta yang dilakukan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) IPI.

Hasil pemetaan  menunjukkan  54,3 % dapat mengajar di berbagai bidang, 31,4% memiliki skil di bidang IT, selebihnya berada para tataran kemampuan administrasi, ceramah dan public speaking.

Baca juga: IMM Jeneponto Sukses Gelar Dialog Ke-perempuan-an: Bahas Hak-hak Perempuan


Dr. Nurhayati Azis, SE., M.Si, Rektor IPI, mengingatkan peran sentral mahasiswa sebagai pembawa agen perubahan sebagai tanggungjawab sebagai mahasiswa. Dr. Nurhayati juga menekankan pada partisipasi aktif dan kolaborasi dengan elemen masyarakat.

Sebagai penutup, Rektor IPI mengingatkan untuk menjaga nama baik institusi. Hal ini terutama penting berkenaan dengan adab dan etika berkomunikasi. Selain itu, para mahasiswa juga dibekali kemampuan public speaking agar dapat mendukung efektifitas program.

Pelaksanaan KKN tematik ini akan berlangsung selama satu bulan dari tanggal 3 Januari sampai 3 Februari 2024.





Citizen: Arief Balla

Posting Komentar

0 Komentar