Peringati Hari Santri Nasional, IKA PMDS Palopo Cab. Makassar Adakan Santri Gathering

ORGANISASI, SABDATA.ID – Ikatan Alumni Pesantren Modern Datuk Sulaiman (PMDS) Palopo Cab. Makassar menggelar kegiatan SANTRI GATHERING dengan tema Garis waktu ika pmds cabang makassar tepatnya di maros pucak Tompobulu sebagai bentuk perayaan hari santri nasional 22 oktober 2023.

Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari 1 malam dengan rangkaian kegiatan sharing sessions, panggung ekspresi,outond, pemotongan nasi tumpeng dan di tutup dengan doa bersama untuk para pendahulu yg telah mendahului.

Acara ini di buka dan di hadiri seluruh  alumni pesantren modern datok Sulaiman palopo yg berada di kota Makassar.

Adnan Prawansyah selaku ketua umum IKA PMDS Palopo cabang makassar menyampaikan dalam sambutan nya bahwa hari santri adalah hari yg mengingatkan kita tentang bagaimana peran santri menjadi benteng perlawanan nasional dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia, momentum heroisme santri itu di inisiasi dengan keluarnya fatwa resolusi jihad dari K.H Hasyiam Ashari.

Asbabul nuzul Resolusi jihad tersebut dicetuskan untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia setelah kembali diserang oleh Agresi Militer 2 Belanda.

Sehingga berangkat dari latar belakang historis diatas maka tiap tanggal 22 Oktober dikenang sebagai Hari Santri Nasional. 

Baca juga: Peringati Hari Santri Nasional, Civitas Akademica UIN Alauddin Makassar Gelar Upacara Resmi

Hari Santri Nasional, 22 Oktober, bukan agenda serimonial tahunan tanpa makna; bukan pula semata arak-arakan drumband, tetapi menjadi ajang kontemplasi serta refleksi sejarah agar kemudian spirit heroik santri dalam menebar benih-benih kebaikan dapat diimplementasikan dalam kehidupan ummat bangsa dan negara tercinta pungkas Ketua Umum IKA PMDS Palopo Cab. Makassar.

Untaian Harapan datang jua dari Musliadi Wahid, ketua panitia pada kegiatan tersebut. Ia mengatakan dengan terselenggaranya kegiatan santri gathering ini menjadi ajang mempersatukan alumni PMDS palopo cabang Makassar untuk membangun hubungan harmonis yg lebih baik lagi antar sesama alumni lintas generasi.





Citizen: Adam Fortuna

Posting Komentar

2 Komentar

Beri komentar masukan/saran yang bersifat membangun