Kisah Khaeriyah Nasruddin, Duta Literasi UIN Alauddin Makassar dan Penulis Novel Syaneem

MAHASISWA, SABDATA.ID – Ditengah minimnya minat literasi, Khaeriyah Nasruddin seorang duta literasi Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar sejak tahun 2019 dan penulis novel bergenre spiritual-romance, menjadi sosok inspiratif bagi mereka yang ingin menekuni dunia literasi khususnya sebagai penulis.

Pada awalnya Khaeriyah mungkin hanya siswa SMP yang hobi membaca, tapi ketekunan yang ia miliki membawanya berjalan jauh menapaki dunia literasi. ia berasal dari Pinrang, Sulawesi Selatan (SulSel), dan lahir pada tanggal 6 januari 1995.

Kini, ia bisa disebut sebagai seorang penulis novel bergenre spiritual-romance. Berkat kegigihannya dalam mengembangkan skill menulisnya ia mampu membuktikannya dengan merilis novel berjudul Syaneem. Novel ini dicetak terbatas sebanyak 50 eksemplar dan habis terjual.

Karena kecintaannya terhadap sejarah islam, khaeriyah menulis novel Syaneem yang terinspirasi dari pembebasan kota konstantinopel.

"Saya sangat kagum pada sosok sosok orang yang kemudian berjuang untuk membebaskan kota ini. yaitu kota yang dulu disebut konstantinopel yang merupakan jantung peradaban islam dan orang itu adalah Sultan Muhammad Al-Fatih dan Abu Ayyub Al-Anshari," jelas Khaeriyah saat dihubungi.

"Saya berharap pembaca yang membaca buku ini, mereka juga pada akhirnya suka pada sejarah islam. Jadi rasa cintaku pada islam dan sejarahnya itu juga bisa tertularkan pada pembaca pembaca yang juga membaca buku ini," jelasnya.

Literasi bukan hanya memberikan peluang untuk menyalurkan bakat dan hobi tapi juga memberikan peluang dakwah dan ladang pahala bagi seorang khaeriyah, sebab menurutnya pahala yang tidak terputus adalah ilmu yang bermanfaat yaitu melalui tulisan yang baik.

Kini selain aktif menempuh pendidikannya di Magister jurusan Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) UIN Alauddin Makassar, Khaeriyah juga aktif sebagai freelancer content writer di salah satu UMKM yang ada di makassar. Sambil tetap melanjutkan penulisan novel terbarunya yang dirilis dalam platform KBM berjudul Seribu Rindu di Alhambra.





Citizen: Syahidah

Posting Komentar

0 Komentar