Angkat Tema Menarik, Mahasiswa KKNMB posko 10 Gelar Semproker

TANATORAJA, SABDATA.ID – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Nusantara Moderasi Beragama (KKNMB) adakan seminar program kerja di Kantor Lembang Palesan, kecematan Rembon, Kabupaten Tana Toraja, Senin (24/7/2023). 

Kegiatan ini di hadiri oleh Pejabat-pejabat Lembang Palesan,  yaitu Kepala Lembang Palesan; Bapak Sukarsen Bara’Padang, ketua BPL (Badan Permusyawaratan Lembang), seluruh Kepala Dusun yang ada di Lembang Palesan, yaitu: Kepala Dusun Karappa Baharuddin Palepong, Kepala Dusun Pangdo, Dominggus Takke, kepala Dusun Sesesalo Utara yaitu Markus Anton, kepala Dusun Sesesalo Selatan Lukas Palloan.

Lanjut Kegiatan ini juga di hadiri oleh tokoh dan pemangku adat Lembang Palesan, Kepala Sekolah SMP Negeri 03  Rembon, Kepala Sekolah SD Negeri 10 Rembon, Tokoh agama, Ketua pembinaan TPQ Babul Khasanah, Ibu Pendeta jemaat Karappa’, tokoh masyarakat, dan anggota pemuda Karang Taruna Lembang Palesan. 

Kegiatan ini Mahasiswa KKN Nusantara, mengangkat tema “Pengembangan Infrastruktur dan aksebilitas Pemberdayaan alam di Lembang Palesan”.

I Made Dewa Satria Wibawa, selaku  selaku Koordinator Humas pada KKNMB ini menjelaskan tujuan dari di angkatnya tema tersebut.

“Kami mengangkat tema tersebut untuk Peningkatan Pemberdayaan Masyarakat Dengan pengembangan infrastruktur yang memadai, masyarakat Lembang Palesan akan merasakan manfaat langsung dan meningkatkan rasa memiliki terhadap proyek pembangunan serta mempermudah wisatawan/tamu dalam mencari kesektariatan desa," ungkapnya.

"Lalu tujuan yang kedua yaitu Peningkatan aksesibilitas terhadap potensi alam dan pengembangan infrastruktur dapat membuka peluang baru bagi pengembangan ekonomi lokal. Masyarakat dapat mengembangkan potensi alam dan produk-produk lokal untuk meningkatkan perekonomian desa," ujar Dewa. 

“Yang ketiga, pengembangan infrastruktur harus dilakukan dengan memperhatikan aspek konservasi alam dan lingkungan. Dengan infrastruktur yang berkelanjutan dan ramah lingkungan, desa Lembang Palesan dapat mengelola keanekaragaman hayati dan sumber daya alamnya,” lengkapnya. 

Sementara Koordinator Desa KKNMB Lembang Palesan, menyampaikan ungkapan terima kasih banyak kepada seluruh pemerintah dan pihak yang terkait di Lembang Palesan yang sudah hadir dalam agenda kegiatan ini, dan berharap dukungan kepada seluruh pihak yang terkait.

“Terima kasih banyak kepada bapak kepala Lembang Palesan, Kepala dusun, dan seluruh jajaran yang terkait di Lembang Palesan ini yang sudah menyempatkan hadir dan menyambut hangat kami di Lembang Palesan, ini, dan kami berharap kedepannya program-program kerja yang sudah kami sepakati ini mendapatkan perhatian dan dukungan kepada bapak/ibu semua," kata Najib dalam sambutannya.

Kepala Lembang Palesan sangat mengapresiasi program-program yang di ajukan oleh mahasiswa KKN Nusantara, dan berharap kedepannya Mahasiswa KKN Nusantara bisa berkolaborasi dengan para pemuda karang taruna dalam melaksanakan program kerja, apalagi pada kegiatan 17 Agustus nanti. 

“Saya sangat mendukung penuh program kerja yang di ajukan dari mahasiswa KKN Nusantara, dan berharap kedepannya bisa berkerja sama dengan para pemuda apalagi pada kegiatan hari kemerdekaan, dan saya siap mengapresiasi perihal hadiah, yaitu panjat pinang," katanya.

Sementara Jhon, anggota Karang Taruna menyanggupi permintaan tersebut dan mengajukan ajakan kerja sama dalam pelaksanaan program kerja dengan mahasiswa KKN Nusantara.

“kami dari karang taruna sangat mengapresiasi program kerja yang di ajukan teman-teman dari KKN Nusantara, bahkan kami ingin mengajak kerja sama, agar supaya teman-teman merasakan bagaimana pemuda yang ada di Lembang Palesan in," ujar Jhon.


Demikian juga Kepala dusun Karappa, yang mengapresiasi program kerja dari Mahasiswa KKN Nusantara, namun harapannya agar mahasiswa tetap berfokus untuk bertemu dan belajar moderasi beragama yang ada di Lembang Palesan dengan menemui ketua adat.

“Walaupun kami, menanggapi dan menyarankan, kalau ada waktu sempatkan untuk bertemu tokoh adat, karena banyak hal yang kami sampaikan belum tentu sama dengan yang di sampaikan ketua adat yang lebih mengetahui," kata Baharuddin Palepong. 

Lalu, dia juga siap untuk selalu mendampingi mahasiswa KKN untuk bertemu tokoh adat.

“Saya siap mendampingi anak-anak KKN Nusantara untuk bertemu tokoh adat dan sebagai penerjemah," tutupnya. 







Citizen: Andi Mulkhairi

Posting Komentar

0 Komentar