Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Alauddin Makassar Belajar Fotografi, Hasilkan Calon Fotografer dan Jurnalis Handal

KAMPUS, SABDATA.ID – Makassar, Rabu 11 Oktober 2023- Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Alauddin Makassar mengikuti pembelajaran mata kuliah fotografi yang dilakukan tepatnya di depan fakultas dakwah dan komunikasi UIN Alauddin Makassar.

Dosen mata kuliah fotografi itu, Hasbullah Mathar, S.Hi., MM. memberikan pembelajaran mengenai fotografi yang mengenai teknik foto slow action. Materi yang diberikan juga bertujuan untuk memberikan wawasan mengenai teknik dasar dalam mengambil foto.

Pada minggu lalu, Hasbullah Mathar juga memberikan penjelasan mengenai teknik foto DoF Sempit dan DoF Luas. Mahasiswa yang mengikuti pelajaran tersebut diberikan tugas untuk mempraktekkan teknik foto yang telah diberitahu oleh Hasbullah.

Sedikit penjelasan tentang DoF sempit, DoF sempit adalah teknis fotografi dengan menggunakan diafragma/bukaan lebar sebagai prioritas utama. Sedangkan DoF Luas adalah kebalikan dari DoF sempit.

Teknik fotografi yang diajarkan juga memiliki tujuan untuk memberitahu kepada mahasiswa bahwa pentingnya mengambil gambar yang sesuai dan memiliki hasil yang bagus baik dari sudut manapun.

Mahasiswa UIN Alauddin Makassar melakukan praktek pengambilan foto menggunakan kamera yang telah ditentukan oleh dosen mata kuliah tersebut.

Adapula tujuan utama dari proses pembelajaran yang diberikan yaitu untuk memberikan ilmu fotografi agar mahasiswa yang belum mengetahui teknik pengambilan foto bisa mempelajari apa saja yang dilakukan untuk mendapatkan hasil jepretan yang bagus.

Tidak menutup kemungkinan juga kalau pembelajaran itu dapat membantu mahasiswa kedepannya agar dapat menjadi fotografer ataupun jurnalis yang handal.

Para mahasiswa melakukan praktek fotografi dengan teknik slow action yang bertempat di depan fakultas dakwah dan komunikasi UIN Alauddin Makassar, bertujuan untuk mengambil gambar gerakan dari objek yang di foto tersebut.

Hasbullah alias dosen mata kuliah fotografi itu memberikan nilai sesuai dengan materi pembelajaran yang telah diberikan. Untuk kedepannya masih banyak teknik fotografi yang akan dijelaskan oleh Hasbullah selaku dosen fotografi dan tentunya akan dipraktekkan oleh mahasiswa UIN Alauddin Makassar.





Citizen: Anggita Salsabillah

Posting Komentar

0 Komentar